Home » » Contoh Laporan PKP Lengkap

Contoh Laporan PKP Lengkap


Sehubungan dengan beberapa hari ini banyak teman-teman yang menghubungi tentang pembuatan Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP), daripada sibuk-sibuk mencopy dengan flashdisk yang bervirus lebih baik langsung download contoh Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) lengkap ana yang bisa langsung di download. Klik Disini atau pada add caption gambar. Jika ada masalah pada file hubungi _0813-68744769_

Add caption
Secara teori pembuatan PKP bukanlah sesuatu yang sulit, karena sebelumnya telah menerima materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan kegiatan : Mengidentifikasi Masalah - Menganalisis dan Merumuskan Masalah - Merencanakan PTK - Melaksanakan PTK.
Sedangkan yang dijadikan dasar penyusunan Laporan PKP ada pada :

1.   Mengidentifikasi Masalah
Sehubungan dengan hal ini dalam pembuatan Laporan PKP dimulai dengan adanya masalah yang dirasakan atau disadari oleh Guru. Teorinya adalah masalah berasal dari orang yang terlibat dalam praktik, dalam hal ini Guru sebagai pengelola pembelajaran. Guru merasa bahwa ada sesuatu yang tidak beres di kelasnya, yang jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi proses dan hasil belajar siswa.
Sedangkan mengidentifikasi suatu masalah dalam pembelajaran adalah bagian dari tugas seorang Guru dalam meningkatkan profesionalisme seorang Guru. Contoh masalah :
·         Semangat/motivasi iswa dalam belajar sangatlah kurang
·         Perhatian siswa kepada pelajaran sangatlah rendah
·         Hasil pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan
·         Pelaksanaan pembelajaran yang pasif
·         Metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi ajar
·         Dan sebagainya
Dengan ditemukan masalah dalam pembelajaran menjadi dasar pelaksanana PTK dan dijadikan sebagai bahan penyusunan Laporan PKP.

2.   Menganalisis dan Merumuskan Masalah
Tujuannya adalah masalah yang telah didentifikasi lebih jelas. Analisis dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri atau yang disebut refleksi, dan dapat pula dengan mengkaji ulang berbagai dokumen seperti pekerjaan siswa, daftar hadir, atau daftar nilai atau bahkan mungkin bahan pelajaran yang disiapkan. Semua ini tergantung dari jenis masalah yang diidentifikasi. Misalnya, jika masalah yang diidentifikasi adalah rendahnya motivasi belajar siswa, barangkali yang perlu dianalisis adalah dokumen tentang hasil belajar siswa, catatan harian tentang respon siswa dalam pembelajaran , dan yang terpenting pelaksanaan refleksi Guru.
Dengan analisis tersebut akan mempertajam masalah yang dihadapi serta dapat menetapkan cepat dan tepat. Misal : “metode yang bagaimana yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar …….........?”
 Dalam setiap rumusan masalah biasanya dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya, yang menggambarkan sesuatu yang ingin dipecahkan atau dicari jawabannya melalui penelitian, dalam hal ini penelitian tindakan kelas (PTK). Dari hasil penelitian inilah yang dijadikan sebagai konsep penyusunan Laporan PKP dengan sesuai teori yang berlaku dan jumlah pelaksanaan siklus yang dilaksanakan (biasanya 3 siklus).
Semoga bermanfaat……



Share this article :

3 comments:

 

Baca Juga

Support : Harapan hati, bisa bermanfaat dan diterima apa yang ada di blog ini | Kalau Suka tolong di LIKE facebooknya
Copyright © 2014. Faadaki - All Rights Reserved
Template Modify by Isriyanto, S.Pd.SD Inspired Love for Blog
Proudly powered by Blogger